Penyebab Kanker Otak Pada Remaja

Penyebab Kanker Otak Pada Remaja

Penyebab Kanker Otak Pada Remaja Kanker otak merupakan salah satu kanker yang dapat menyerang siapa saja, sehingga anda harus tetap waspada dan jauhi beberapa faktor yang dapat menyebabkan kanker otak. Dan berikut pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai beberapa Penyebab Kanker Otak Pada Remaja. Mari simak terus artikel ini sampai tuntas.

Sekilas Tentang Kanker Otak

Penyebab Kanker Otak Pada Remaja

Kanker otak merupakan tumor otak ganas atau pertumbuhan sel-sel otak yang tidak normal dan tidak terkendali, yang dimana sel-sel tumor otak ganas tersebut dapat menyebar dengan cepat kebagian lain dari otak dan tulang belakang. Otak sendiri merupakan bagian dari sistem saraf pusat atau pusat kontrol untuk fungsi-fungsi vital tubuh, seperti berbicara, gerakan, perasaan dan lain sebagainya.

Fungsi otak tersebut akan terganggu, dengan adanya pertumbuhan tumor ganas pada otak (kanker otak). Perlu anda ketahui, bahwa tidak semua tumor otak bersifat ganas dan bisa dikategorikan sebagai kanker. Hal ini karena terdapat juga tumor otak yang bersifat jinak, yang dimana tumor otak jinak sendiri merupakan sekumpulan sel-sel otak yang tumbuh perlahan dan tidak menyebar ke organ lain.

Tumor tersebut dapat berkembang dari sel yang menyusun jaringan otak, dari saraf yang keluar-masuk ke otak, dan dari selaput pelindung otak, serta saraf tulang belakang. Tumor otak sendiri merupakan pertumbuhan sel-sel otak yang tumbuh secara abnormal (berlebihan atau tidak wajar) dan tidak terkendali. Secara garis besar, kanker otak ini terbagi menjadi 2, yakni kanker otak primer dan sekunder.

Kanker otak primer merupakan kanker yang muncul dan berasal dari sel-sel otak itu sendiri. Sedangkan kanker otak sekunder merupakan kanker yang berasal dari bagian organ tubuh lain, namun menyebar ke otak atau hasil dari penyebaran kanker yang berasal dari organ tubuh lain. Kanker otak sekunder ini disebut juga sebagai kanker otak metastatik.

Kanker otak sekunder biasanya disebabkan dari menyebarnya kanker dari payudara, ginjal, paru-paru, usus besar dan melenoma pada kulit. Sekitar 40% kanker otak diawali dari penyangga neuron, yakni sel tumor Gilal. Sel U gilal termasuk juga tumor astrocytes, tumor gila primer, oligodendrocytes glioma, meningioma ventricular, dan medulloblastoma.

Kanker otak tipe/jenis sekunder lebih sering terjadi dibandingkan dengan kanker otak tipe/jenis primer. Sementara itu, kanker otak sekunder tersebut lebih sering terjadi pada orang dewasa, sedangkan kanker otak primer dapat menyerang atau terjadi pada siapa saja, akan tetapi lebih sering terjadi pada anak-anak dengan usia dibawah 15 tahun dan orang-orang usia paruh baya atau lansia.

Apabila dilihat dari tingkat perkembangan serta kecepatan pertumbuhan dan penyebarannya, kanker otak dibagi menjadi 4 tingkatan/stadium, yakni stadium 1 dan 2, yang merupakan tingkatan kanker yang umumnya bersifat jinak. Stadium 3 dan 4, yang merupakan tingkatan kanker yang biasanya bersifat ganas dan dapat dikategorikan sebagai kanker.

Baca juga : Gejala Kanker Otak Stadium 3

Kanker otak dapat terjadi pada siapa saja, tidak mengenal usia, tak terkecuali anak-anak. Di Indonesia sendiri, terdapat sekitar 4900 kasus kanker otak yang terjadi di Indonesia. Data ini menurut data WHO (organisasi kesehatan dunia) pada tahun 2012. Apabila dilihat dari jenis kelaminnya, pria sedikit lebih banyak dibandingkan dengan wanita.

Gejala kanker otak yang paling umum ialah sakit kepala berkepanjangan, hal ini karena tumor tumbuh menekan tengkorak. Meski begitu, namun gejala kanker otak sangat bervariasi dari satu penderita ke penderita lain, tergantung pada ukuran dan bagian otak yang terjangkit. Lemah, mati rasa, mual dan kejang merupakan salah satu tanda atau gejala umum dari kanker otak.

Penyakit kanker otak ini seringkali tidak disadari pada tahap awal, sehingga pada akhirnya terlambat untuk didiagnosis. Terdapat cara untuk mencegah kanker otak, salah satunya dengan mengetahui dan menghindari beberapa faktor yang dapat menyebabkan kanker otak. Dan berikut ini beberapa faktor yang dapat menjadi Penyebab Kanker Otak Pada Remajadiantaranya :

  • Terpapar Zat Adiktif

Remaja memiliki emosi yang masih labil dan seringkali terpengaruh oleh pergaulan yang salah atau bebas, seperti mengkonsumsi minuman keras, mengkonsumsi narkoba dan lain sebagainya. Remaja yang sering mengkonsumsi miras, narkoba dan zat adiktif lainnya yang sangat berbahaya bagi tubuh memiliki resiko besar untuk terkena atau mengalami kanker otak.

Hal tersebut dikarenakan kandungan zat kimia dan bahan lainnya yang membahayakan dari zat adiktif tersebut akan mempengaruhi perkembangan syaraf dan bahkan dapat merusak otak. Dengan begitu, sehingga anda (para remaja) sebaiknya berpilih-pilihlah dalam bergaul atau berteman, agar dapat menghindari dari pergaulan yang salah.

  • Defisiensi Nutrisi

Pada biasanya remaja sangat aktif dalam berkegiatan, seperti kegiatan eksul olahraga di sekolah dan lain sebagainya. Dengan aktifnya berkegiatan maka seringkali para remaja tidak memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Dengan tidak memperhatikan asupan nutrisi, maka otak akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi otak.

Kondisi tersebut dapat membuat sel otak menjadi rusak, sehingga meningkatkan potensi terbentuknya sel kanker pada organ otak tersebut. Dengan ini, maka kami sarankan sesibuk apapun kegiatan kalian (para remaja), jangan lupa untuk memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

  • Radiasi Handpone

Remaja masa kini tidak lepas dari penggunaan handphone atau smartphone. Smartphone tentu sangat penting untuk berkomunikasi atau untuk mencari informasi, namun kami sarankan anda harus tetap dalam penggunaan yang normal. Hal ini karena efek radiasi handphone akan sangat terasa hingga dapat menyebabkan kanker otak.

  • Minuman Bersoda

Pada biasanya remaja saat ini sangat menyukai minuman bersoda yang sering dibarengi dengan makanan cepat saji. Kebiasaan sering mengkonsumsi minuman tersebut sebaiknya kini harus dikurangi atau hindari, karena minuman bersoda mengandung zat perwarna dan gula yang berlebihan, yang dimana zat perwarna sama bahanya dengan bahan pengawet dan mengkonsumsi gula berlebih dapat melemahkan imunitas, sehingga memudahkan sel kanker berkembang biak di otak.

  • Makanan

Remaja seringkali mengkonsumsi makanan yang hanya lezat di mulut saja, tanpa memikirkan bahaya dari makanan tersebut dan manfaat dari makanan tersebut untuk tubuh. Makanan yang sering dikonsumsi remaja dan dapat menyebabkan kanker otak pada remaja ialah makanan cepat saji, gorengan, makanan berlemak, dan makanan kalengan. Hal ini karena dalam makanan tersebut terdapat kandungan lemak dan zat berbahaya yang dapat memicu berbagai macam jenis penyakit, termasuk kanker otak.

Itulah beberepa faktor yang dapat menjadi Penyebab Kanker Otak Pada RemajaDengan menhindari beberapa faktor tersebut, maka secara tidak langsung anda sedang melakukan pencegahan kanker otak. Bagi anda yang sudah terlanjur mengalami kanker otak, maka segera obati dengan tepat dan cepat, serta di barengi dengan do’a kepada tuhan yang maha esa, agar dapat disembuhkan.

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI MENGENAI BEBERAPA FAKTOR YANG DAPAT MENJADI “PENYEBAB KANKER OTAK PADA REMAJA”. TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI (AZKA HERBAL) DAN MENYIMAK ARTIKEL INI SAMPAI TUNTAS, SEMOGA INFORMASI DARI KAMI DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA YANG MEMBUTUHKAN.

Posted By : Penyebab Kanker Otak Pada Remaja

Artikel Terkait :

Sponsored By

Penyebab Kanker Otak Pada Remaja

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*