Gejala Kanker Otak Stadium Awal Sampai Akhir

Gejala Kanker Otak Stadium Awal Sampai Akhir

Gejala Kanker Otak Stadium Awal Sampai Akhir – Pada tahap awal, kanker otak seringkali tidak menunjukan atau menimbulkan gejala, sehingga pada kebanyakan kasus, gejala kanker otak baru dapat dirasakan pada saat ketika kanker otak masuk ke dalam stadium lanjut.

Apakah anda tahu apa saja gejala kanker otak stadium awal (tahap awal) ?, Bagi anda yang belum tahu mengenai hal tersebut, maka kini tidak usah khawatir, karena pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai beberapa Gejala Kanker Otak Stadium Awal Sampai Akhir.

Gejala Kanker Otak Stadium Awal Sampai Akhir

Kanker Otak

Kanker otak merupakan suatu kondisi dimana adanya pertumbuhan sel tidak normal dan tidak terkendali (tumor) pada otak yang bersifat ganas. Dengan ini, maka fungsinya akan terganggu. Tumor sendiri merupakan pertumbuhan sel-sel tubuh yang abnormal.

Masing-masing sel mengandung gen yang berfungsi untuk memutuskan pertumbuhan, perkembangan, atau perbaikan yang terjadi di dalam tubuh. Tumor sendiri terbagi ke dalam dua kategori, yakni tumor jinak dan tumor ganas. Dengan ini, maka tidak semua tumor yang muncul dapat berbahaya.

Tumor jinak atau benigna terdiri dari sel-sel yang tidak bersifat ganas, sedangkan tumor ganas merupakan sekumpulan sel-sel yang terdiri dari sel kanker dan bersifat ganas, yang dimana tumor ganas ini tumbuh dan menyebar secara agresif, menyerang dan menyebar ke daerah jaringan sehat.

Sel tumor membutuhkan darah dan nutrisi untuk bertahan hidup. Perbedaan dari kedua kategori tumor tersebut (tumor jinak dan tumor ganas) ialah, tumor jinak tumbuh dengan lambat dan biasanya tidak menyerang jaringan otak lainnya, tumor jinak hanya mendorong jaringan sekitarnya.

Sedangkan tumor ganas tumbuh dengan cepat dan tumor ganas dapat menyerang jaringan otak lainnya. Dari kedua kategori tumor tersebut, pada umumnya, tumor jinak kurang serius di bandingkan dengan tumor ganas. Meski begitu, namun tumor jinak tetap dapat menyebabkan masalah.

Jenis Kanker Otak

Penyakit kanker otak ini terbagi menjadi dua jenis atau tipe, yakni kanker otak primer dan kanker otak sekunder. Kanker otak primer merupakan jenis kanker otak yang penyebabnya berasal dari sel-sel otak itu sendiri. Kanker otak primer ini terhitung terjadi sebanyak 75% dari seluruh kasus kanker otak.

Sementara itu, kanker otak sekunder merupakan jenis kanker otak yang merupakan hasil dari penyebaran kanker yang berasal dari organ tubuh lainnya, yang biasa disebut juga sebagai kanker otak metastatik. Kanker otak sekunder ini terhitung terjadi sebanyak 25% dari seluruh kasus kanker otak.

Terdapat beberapa jenis penyakit kanker yang umum menyebar atau sering menyebar ke otak, antara lain yakni kanker paru-paru, melanoma pada kulit, kanker usus, kanker ginjal, dan kanker payudara. Sekitar 40% kanker otak diawali dari penyangga neuron yaitu sel tumor Glial.

Baca juga : Gejala Kanker Otak Pada Anak

Kanker otak cukup umum terjadi dan kanker otak jenis sekunder tersebut umum/lebih sering terjadi pada orang dewasa, sedangkan kanker otak jenis primer dapat menyerang siapa saja, namun lebih sering terjadi pada anak yang berusia dibawah 15 tahun dan orang-orang usia paruh baya. 

Gejala Kanker Otak Stadium Awal Sampai Akhir

Sebelum membahas atau memahami Gejala Kanker Otak Stadium Awal Sampai Akhir, maka alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu mengenai stadium kanker otak. Terdapat empat stadium kanker otak yang dapat dilihat dari perkembangan sel kanker dan perluasan penyebarannya.

Kanker Otak Stadium 1

Pada stadium awal ini (stadium 1), apabila dilihat dari mikroskop, sel tumor masih tampak normal dan pertumbuhannya pun masih lambat. Pada saat tahap awal (kanker otak stadium 1), sangat jarang muncul gejala, sehingga biasanya penderita tidak begitu merasakan gejala apapaun.

Jikalaupun muncul gejala, maka gejala-gejala kanker otak stadium 1 pun tidak begitu jelas, sehingga wajar saja apabila penderita tidak menyadari adanya sel kanker di otaknya.

Kanker Otak Stadium 2

Pada stadium 2, pertumbuhan sel kanker masih lambat, akan tetapi sel tumor mulai tampak tidak normal. Seseorang yang divonis menderita kanker otak stadium 2, biasanya akan mulai mengalami gejala, seperti kelelahan yang sangat, padahal tidak melakukan aktivitas yang berlebihan.

Selain kelelahan, penderita kanker otak stadium 2 juga dapat mengalami gejala, seperti kejang-kejang, kesehatan menurun drastis, mual dan muntah,

Kanker Otak Stadium 3

Pada stadium 3, sel kanker tidak lagi menyerupai sel normal dan perkembangan stadium 3 ini mulai aktif. Penderita kanker otak stadium 3, biasanya akan mengalami beberapa gejal, seperti sakit kepala yang hebat dengan intensitas yang sering. Kondisi ini dapat dibarengi dengan mimisan.

Selain itu, penderita kanker otak stadium 3 juga dapat mengalami gejala seperti, daya ingat menurun, kaki dan tangan sulit untuk digerakan, dan pasien mudah terjatuh saat berjalan, karena keseimbagan tubuh mulai terganggu.

Kanker Otak Stadium 4

Pada tahap akhir atau kanker otak stadium akhir, sel kanker sudah sangat berbeda dengan sel normal dan tumbuh secara cepat. Penderita kanker otak pada staidum akhir ini, biasanya akan mengalami gejala, seperti pendengaran rusak, penglihatan dan indra penciuman akan terganggu.

Itulah beberapa Gejala Kanker Otak Stadium Awal Sampai AkhirSelalu menjaga kesehatan dan mengecek atau memeriksakan kondisi kesehatan tubuh secara rutin merupakan salah satu cara agar kita dapat terhindar dari penyakit yang berbahaya, seperti halnya penyakit kanker otak.

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI MENGENAI “GEJALA KANKER OTAK STADIUM AWAL SAMPAI AKHIR”. TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITER RESMI KAMI (AZKA HERBAL), SEMOGA INFORMASI DARI KAMI BERMANFAAT BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN.

Posted By : Gejala Kanker Otak Stadium Awal Sampai Akhir

Berita Terkait :

Sponsored By

Gejala Kanker Otak Stadium Awal Sampai Akhir

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*