Gejala Kanker Otak Pada Anak Remaja

Gejala Kanker Otak Pada Anak Remaja

Gejala Kanker Otak Pada Anak Remaja Kanker otak dapat menyerang siapa saja, tidak mengenal batas usia. Orang dewasa, anak-anak dari mulai balita hingga usia remaja pun dapat mengalaminya. Dengan ini, maka anda harus lebih waspada jika anda sering mengalami sakit kepala yang hebat.

Hal tersebut karena sakit kepala menjadi salah satu gejala kanker otak yang umum terjadi. Mengenai hal tersebut, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai beberapa Gejala Kanker Otak Pada Anak RemajaMari simak terus artikel ini sampai tuntas.

Sekilas Tentang Kanker Otak

Gejala Kanker Otak Pada Anak Remaja

Kanker otak merupakan suatu kondisi dimana adanya pertumbuhan tumor ganas di otak (kanker otak), yang dimana pertumbuhan tumor ganas di otak tersebut dapat menyebar dengan cepat ke bagian lain dari otak dan tulang belakang. Tumor ganas tumbuh dan menyebar secara agresif.

Selain itu, tumor ganas juga menyerang dan menyebar ke daerah jaringan sehat, dan kemudian menyengsarakannya dengan mengambil ruang, darah, dan nutrisi. Sel tumor sendiri sama seperti semua sel tubuh, yang membutuhkan darah dan nutrisi untuk bertahan hidup.

Meski begitu, namun perlu anda ketahui, bahwa tidak semua tumor otak bersifat ganas dan bisa dikategorikan sebagai kanker, hal ini karena ada juga tumor otak yang bersifat jinak. Secara umum, tumor otak jinak kurang serius dibandingkan dengan tumor otak ganas.

Tumor otak jinak sendiri merupakan sekumpulan sel-sel otak yang tumbuh perlahan dan tidak menyebar ke bagian lain. Pada otak, tumor dapat berkembang dari sel yang menyusun jaringan otak, dari syaraf yang keluar-masuk ke otak, dan dari selaput pelindung otak serta saraf tulang belakang.

Perbedaan utama antara tumor otak ganas dan tumor otak jinak ialah, tumor otak ganas dapat menyerang jaringan otak lainnya dan tumbuh dengan cepat, sedangkan tumor otak jinak tumbuh lebih lambat dan tidak menyerang jaringan otak lainnya, namun hanya mendorong jaringan sekitarnya.

Sementara itu, tumor otak sendiri merupakan pertumbuhan sel-sel otak yang tidak wajar dan tidak terkendali. Kanker otak (tumor otak ganas) ini sekitar 40% diawali dari penyangga neuron, yaitu Sel tumor Gilal. Menurut asalnya, kanker otak ini dibagi menjadi dua, yakni kanker otak primer dan sekunder.

Kanker otak primer merupakan tipe/jenis kanker yang berasal dari sel-sel otak itu sendiri, dalam artian penyebab kanker otak primer ini datang dari otak itu sendiri. Kanker otak tipe/jenis primer ini terhitung terjadi sebanyak 75% dari seluruh kasus kanker otak.

Sementara itu, kanker otak sekunder merupakan kanker yang merupakan hasil dari penyebaran kanker yang berasal dari organ tubuh lainnya, dalam artian berawal/berasal dari organ tubuh lain, yang kemudian menyebar ke otak. Kanker otak sekunder terjadi sebanyak 25% dari seluruh kasus kanker otak.

Kanker otak sekunder biasa disebut juga sebagai kanker otak metastatik. Kanker otak sekunder ini biasanya disebabkan oleh penyebaran dari kanker lain, seperti kanker payudara, paru-paru, ginjal, usus besar, dan melanoma pada kulit. Sebagian besar, kanker otak dapat ditangani jika terdeteksi seja awal.

Kanker otak umum terjadi dan dapat terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Kanker otak tipe sekunder lebih sering terjadi pada orang dewasa, sementara itu, kanker otak tipe primer bisa menyerang siapa saja, namun lebih sering terjadi pada anak dibawah usia 15 tahun dan orang lanjut usia.

Pada tahun 2012, terdapat sekitar 4900 kasus kanker otak yang terjadi di Indonesia. Hal ini, menurut data dari WHO (organisasi kesehatan dunia) pada tahun 2012. Apabila dilihat dari jenis kelamin, maka jenis kelamin pria sedikit lebih banyak dibandingkan dengan jenis kelamin wantia.

Pada saat usia remaja, tentu usia ini identik dengan masa pubertas, dimana terdapat proses matangnya reproduksi anda (para remaja). Seorang remaja harus waspada terhadap penyakit kanker otak, karena kanker otak juga dapat terjadi pada anak usia remaja.

Hal tersebut dikarenakan, kanker otak tidak mengenal batasan usia, sehingga para remaja pun dapat mengalami kanker otak ini, terlebih lagi jika para remaja memiliki beberapa faktor risiko untuk mengalami kanker otak. Dan berikut, beberapa Gejala Kanker Otak Pada Anak Remajadiantaranya :

  • Mual Dan Ingin Muntah

Kondisi mual dan muntah merupakan suatu kondisi yang sudah biasa terjadi, namun apabila mual dan muntah di ikuti dengan kepala yang seolah-olah di tekan, maka anda (para remaja) harus waspada, karena hal tersebut dapat menjadi indikasi adanya kanker di otak anda.

  • Sakit Kepala

Rasa sakit kepala yang berbeda dari biasanya merupakan salah satu gejala awal kanker otak yang paling umum terjadi. Kondisi sakit kepala yang terasa pada saat pagi hari dan saat malam hari (pada saat sedang tidur) dapat menjadi sebagai gejala dari adanya kanker di otak.

  • Kinjerja Otak Melemah Atau Tidak Optimal

Anda (para remaja) harus waspada jika anda seringkali mengalami kesulitan berkonsentrasi, hilangnya daya ingat, dan linglung. Hal ini karena menunjukan bahwa ada masalah di dalam otak anda, termasuk adanya kanker yang tumbuh di otak anda.

Kondisi tersebut, secara umum, otak tidak bekerja secara optimal. Itulah beberapa Gejala Kanker Otak Pada Anak Remaja yang umum terjadi. Periksakan segera jika anda (para remaja) mengalami beberapa hal atau kondisi gejala seperti diatas tersebut.

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI MENGENAI “GEJALA KANKER OTAK PADA ANAK REMAJA”. TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI (AZKA HERBAL), SEMOGA INFORMASI DARI KAMI DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA YANG MEMBUTUHKAN.

Posted By : Gejala Kanker Otak Pada Anak Remaja

Artikel Terkait :

Sponsored By

Gejala Kanker Otak Pada Anak Remaja

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*