Ciri-Ciri Kanker Otak Stadium Awal

Ciri-Ciri Kanker Otak Stadium Awal

Ciri-Ciri Kanker Otak Stadium Awal Kanker memang salah satu jenis penyakit yang mematikan dan jenis penyakit yang ditakuti hampir oleh semua orang, dan kanker otak merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang mematikan dan cukup umum terjadi.

Semakin dini mendeteksi kanker otak, maka semakin besar pula kemungkinan untuk sembuh dari penyakit kanker otak yang diderita. Dengan begitu, maka sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri kaker otak stadium awal. Apakah anda tahu apa saja ciri-ciri kanker otak pada stadum awal ?

Bagi anda yang belum tahu mengenai ciri-ciri kanker otak stadium 1 atau stdium awal, maka kini tidak usah khawatir, karena pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai kanker otak dan ciri-ciri knker otak stadium awal. Mari simak terus aritkel ini sampai tuntas.

Sekilas Mengenai Kanker Otak

Ciri-Ciri Kanker Otak Stadium Awal

Kanker otak merupakan suatu kondisi dimana adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak normal dan tidak terkendali (tumor) pada otak. Pertumbuhan sel-sel tidak terkendali atau tumor pada otak tersebut dapat bersifat ganas dan jinak, namun umumnya tumor pada otak bersifat ganas (kanker otak)

Dengan adanya pertumbuhan tumor pada otak tersebut, maka fungsi dari otak akan terganggu. Tumor sendiri ialah sekumpulan sel-sel yang tumbuh secara berlebihan (abnormal). Sementara itu, tumor ganas merupakan sekumpulan sel-sel yang terdiri dari sel kanker dan bersifat ganas.

Tumor ganas tumbuh secara agresif dalam jumlah yang berlebihan dan tidak terkendali (abnormal). Tumor ganas menyerang dan menyebar ke daerah jaringan sehat, yang kemudian tumor ganas mengambil ruang, darah dan nutrisi penderitanya untuk bertahan hidup.

Meski begitu, namun tidak semua tumor otak bersifat ganas dan disebut sebagai kanker. Hal ini, karena terdapat juga tumor yang bersifat jinak. Tumor jinak sendiri terdiri dari sel-sel yang tidak bersifat ganas dan hanya tumbuh pada satu bagian tubuh, dalam artian tidak menyebar ke organ lain.

Pada umumnya, tumor jinak kurang serius dibanding tumor ganas, akan tetapi tumor jinak masih bisa menimbulkan banyak masalah di otak, meski biasanya masalah berkembang lebih lambat. Sekitar 40% kanker otak diawali dari penyangga neuron, yakni sel tumor Gilal.

Penyakit kanker otak ini dibagi menjadi dua tipe, yakni kanker otak primer dan kanker otak sekunder. Kanker otak primer merupakan tipe kanker otak yang disebabkan oleh sel-sel otak itu sendiri. Kasus kanker otak primer ini terhitung terjadi 75% dari seluruh kasus kanker otak.

Sedangkan kanker otak sekunder merupakan tipe kanker otak yang disebabkan oleh sel kanker bagian organ tubuh lain, yang menyebar ke otak. Kanker otak sekunder ini biasa disebut sebagai kanker metastatik. Kasus kanker otak sekunder terhitung terjadi sebanyak 25% dari seluruh kasus kanker otak.

Seberapa Umum Kanker Otak ?

Kanker otak ini cukup umum terjadi dan dapat terjadi pada siapa saja. Berdasarkan tipenya, kanker otak sekunder umum terjadi pada orang dewasa, sedangkan kanker otak primer dapat terjadi pada siapa saja, namun umum terjadi pada anak dibawah usia 15 tahun dan lansia.

Kasus kanker baru di Indonesia mencapai 350 ribu, dan kanker otak menempati urutan ke-17 dengan penderita lebih dari 5000 orang. Hal ini, menurut data dari WHO (organisasi kesehatan dunia), pada tahun 2018. Dengan data tersebut, maka kanker otak ini cukup sering terjadi di Indonesia.

Ciri-Ciri Kanker Otak Stadium Awal

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal, bahwa semakin dini mendeteksi kanker otak, maka semakin besar pula peluang untuk sembuh dari penyakit kanker otak. Dengan ini, maka sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri atau gejala kanker otak stadium awal.

Perlu anda ketahui, bahwa gejala awal yang muncul akibat kanker otak ini sangat bervariasi, tergantung pada bagian otak mana yang di serang. Dan berikut ini beberapa ciri-ciri kanker otak stdium awal yang umum muncul dan harus diwaspadai, diantaranya :

  • Kesulitan berjalan
  • Keseimbangan tubuh menurun
  • Mual
  • Gangguan saraf
  • Penglihatan berkurang
  • Pendengaran jadi terganggu
  • Pusing kepala
  • Mengalami gangguan berbicara

Itulah beberapa ciri-ciri kanker otak stadum awal yang perlu diketahui dan harus diwaspadai. Kanker otak dapat dicegah, dengan cara menghindari kebiasan buruk yang sering dilakukan, seperti sering minum-minuman beralkohol, merokok, kurang berolahraga dan lain sebagainya.

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI MENGENAI “CIRI-CRI KANKER OTAK STADIUM AWAL”. TERIMA KASIH TELAH MENYIMAK DAN MENGUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI (AZKA HERBAL), SEMOGA INFORMASI DARI KAMI BERMANFAAT BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN.

Posted By : Ciri-Ciri Kanker Otak Stadium Awal

Berita Terkait :

Sponsored By

Ciri-Ciri Kanker Otak Stadium Awal

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*