Ciri-Ciri Kanker Otak Rambut Rontok

Ciri-Ciri Kanker Otak Rambut Rontok

Ciri-Ciri Kanker Otak Rambut Rontok Terdapat beberapa faktor dan kondisi yang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok, salah satunya karena adanya pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Kanker otak salah satu kanker yang dapat menyebabkan rambut penderitanya menjadi rontok.

Berbicara mengenai ciri-ciri kanker otak rambut rontok tersebut, maka mari simak terus artikel ini sampai tuntas, hal ini karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi atau membahas sekilas penjelasan mengenai Ciri-Ciri Kanker Otak Rambut Rontok.

Sekilas Tentang Kanker Otak

Ciri-Ciri Kanker Otak Rambut Rontok

Kanker otak merupakan suatu kondisi dimana terjadi pertumbuhan sel tumor ganas pada otak, yang dimana tumor otak ganas tersebut dapat menyebar dengan cepat kebagian organ lain dari otak dan tulang belakang. Kanker sendiri merupakan istilah yang di cadangkan untuk tumor ganas.

Tumor ganas sendiri tumbuh dan menyebar secara agresif, menyerang dan menyebar ke daerah jaringan sehat, dan kemudian menyengsarakannya dengan mengambil ruang, darah, dan nutrisi. Sel tumor membutuhkan darah dan nutirsi untuk bertahan hidup.

Meski begitu, namun tidak semua tumor otak bersifat ganas dan bisa dikategorikan sebagai kanker. Hal ini karena terdapat juga tumor yang bersifat jinak atau benigna terdiri dari sel-sel yang tidak bersifat ganas. Tumor otak sendiri merupakan pertumbuhan sel-sel otak yang tidak terkendali.

Penyakit kanker otak ini sekitar 40% diawali dari penyangga neuron yakni sel tumor Gilal. Sel U gilal sendiri termasuk juga tumor astrocytes, tumor gila primer, oligodendrocytes glioma, meningioma ventricular, dan medulloblastoma. Kanker otak terbagi menjadi dua tipe, yakni sekunder dan primer.

Kanker otak sekunder merupakan kanker yang berasal dari bagian organ tubuh lain, namun menyebar ke otak. Kanker otak tipe sekunder ini biasanya atau secara umum disebabkan dari menyebarnya kanker dari payudara, paru-paru, melanoma pada kulit, usus besar, dan ginjal. 

Kanker otak sekunder tersebut terhitung terjadi sebanyak 25% dari seluruh kasus kanker otak. Sedangkan kanker otak primer merupakan kanker yang berasal atau muncul dari otak itu sendiri. Kanker otak tipe primer ini terhitung terjadi sebanyak 75% dari seluruh kasus kanker otak.

Apabila dilihat dari tingkat perkembangan serta kecepatan pertumbuhan dan penyebarannya, keganasan tumor otak terbagi menjadi 4 tingkatan (stadium), yakni stadium 1 dan 2 umumnya tumor masih bersifat jinak. Stadium 3 dan 4 umumnya bersifat ganas dan dapat disebut sebagai kanker.

Baca juga : Gejala Kanker Otak Stadium 4

Kanker otak merupakan salah satu kanker yang umum terjadi, dan dapat terjadi pada siapa saja tak terkecuali anak-anak. Kanker otak tipe sekunder pada biasanya lebih sering terjadi pada orang dewasa, sedangkan kanker otak primer lebih sering terjadi pada anak yang berusia dibawah 15 tahun.

Mengapa Rambut Pengidap Kanker Otak Menjadi Rontok ?

Mungkin anda bertanya-tanya “kenapa rambut menjadi rontok apabila mengidap kanker otak ?”, Rambut rontok parah pada pengidap kanker otak disebabkan karena sel kanker yang berkembang di otak membuat akar rambut ikut terkena imbasnya dan menjadi rusak.

Kondisi rusaknya sel akar rambut tersebut tentu menjadikan rambut tidak kuat dan akhirnya rontok satu per satu. Meluasnya sel kanker hingga merusak pembuluh darah di sekitar otak dan kepala juga turut mempengaruhi kerontokan rambut.

Pembuluh darah membawa nutrisi ke akar rambut, apabila pembuluh darah rusak, maka rambut akan kekurangan nutrisi, yang pada akhirnya rambut akan menjadi rusak hingga rontok parah. Dengan ini, maka hal yang wajar jika kita melihat penderita kanker otak kepalanya botak, karena rambutnya rontok.

Kondisi rambut rontok yang parah atau kehilangan rambut tersebut menandakan bahwa kanker otak yang diderita sudah cukup parah dan sel kankernya sudah meluas menginvasi jaringan di sekitarnya. Dan berikut ini beberapa cara mencegah kerontokan rambut akibat kanker otak, diantaranya :

  • Lakukan diet sehat dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.
  • Menerapkan pola hidup yang sehat dan kelola stres agar tidak membebani pikiran.
  • Rajin dan rutin berolahraga
  • Hindari kebiasan buruk, seperti merokok
  • Istirahat atau tidur yang cukup
  • Hindari mengkonsumsi alkohol
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, pengawet, penyedap rasa, pewarna, dan bahan kimia lainnya seperti pada makanan junkfood.
  • Hindari obesitas

Itulah beberapa cara untuk mencegah kerontokan rambut akibat kanker otak. Beberapa cara tersebut juga bisa mencegah kanker otak sebelum penyakit kanker otak menyerang kita. Dengan begitu, maka alangkah baiknya kita selalu menerapkan pola hidup yang sehat.

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI MENGENAI “CIRI-CIRI KANKER OTAK RAMBUT RONTOK. TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI (AZKA HERBAL), SEMOGA INFORMASI DARI KAMI DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA YANG MEMBUTUHKAN.

Posted By : Ciri-Ciri Kanker Otak Rambut Rontok

Artikel Terkait :

Sponsored By

Ciri-Ciri Kanker Otak Rambut Rontok

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*